Minggu, 05 September 2010

Programmer Parallel

Pengenalan
Programmer ISP ini dapat digunakan baik untuk pemrograman dalam sistem atau sebagai programmer spi berdiri sendiri untuk perangkat Atmel ISP diprogram.

Hardware
Gambar T.4 menunjukkan diagram rangkaian antarmuka programmer di sistem, kekuatan untuk antarmuka yang disediakan oleh sistem target. Ic 74LS244 mengisolasi dan buffer sinyal port paralel.


No
Component
Discription
1
Connector DB 25

2
6 Parallel Cable
about 0.5 meter
3
Connector Header 6 pin

4
House Connector DB 25
5
74LS244
6
PCB
about 5 x 5 cm

Microcontroller Programmer

Figure T.1. Programmer AT89S

Microcontroller Programmer

Figure T.2. Top View Programmer AT89S

Microcontroller Programmer

Figure T.3. Bottom View Programmer AT89S

Microcontroller Programmer Schematic Diagram

Figure T.4 Schematic Diagram Programmer with LPT Connection

Use ATMEL ISP Software to program the microcontroller.

Atmel Microcontroller ISP Software 89S

Atmel Mikrokontroler ISP Software adalah sarana utama untuk melakukan pemrograman dalam sistem (ISP) untuk perangkat Atmel. Hal ini menyediakan sebuah antarmuka intuitif untuk pemrograman dalam sistem yang dapat dijalankan dari komputer pribadi Anda. Atmel ISP Software ini memiliki seperangkat fitur yang komprehensif yang memungkinkan Anda untuk melihat, program, dan menghapus data dari perangkat ISP Atmel.



Figure 1 - Atmel Microcontroller ISP Software

Atmel Mikrokontroler ISP Software juga memungkinkan Anda untuk memuat hex file yang berisi kode yang akan ditambahkan ke perangkat. Menggunakan perangkat lunak, Anda dapat memanipulasi kode ini, verifikasi itu terhadap kode yang ada pada perangkat, dan program kode tersebut ke perangkat.

Anda akan melihat bahwa sebagian besar tombol toolbar dan menu pilihan dinonaktifkan. Ini karena perangkat belum dipilih. Untuk memilih perangkat, lakukan hal berikut:

1. Pastikan papan terhubung ke port LPT komputer Anda dengan kabel ISP Atmel dihidupkan.

2. Pilih port LPT yang papan terhubung ke dengan memilih Pilih Port dari menu Options (Anda juga dapat menekan tombol toolbar pilih port).

Figure 2 - Port Select Dialog

3. Anda kemudian dapat memilih perangkat dengan memilih Device Pilih dari menu Options atau dengan mengklik pada toolbar. Anda akan melihat kotak dialog yang mirip dengan yang ada di Gambar 3.


Figure 3 - Device Select Dialog

4. Pilih perangkat yang Anda coba untuk program dari Tree control dengan mengklik pada perangkat yang diinginkan.

5. Berikutnya pilih apakah Anda ingin membaca dan menulis dari perangkat dalam modus halaman (membaca / menulis sebuah halaman pada satu waktu) atau dalam mode byte (membaca / menulis byte dengan byte).

6. Masukkan frekuensi clock eksternal (MHz) yang disediakan untuk perangkat dalam kotak teks.

7. Pilih OK.

Setelah Anda selesai memilih perangkat Anda akan melihat satu atau dua jendela yang muncul tergantung pada apakah atau tidak perangkat memiliki memori internal data. Jendela (s) akan terlihat seperti Gambar 4. Setiap jendela menandakan buffer. Ada dua jenis buffer, buffer kode dan buffer data. Buffer kode sesuai dengan in-sistem flash dari chip memori yang dapat diprogram dan buffer data sesuai dengan data memori internal chip.


Figure 4 - Buffer Window

Related Link : Computer Interfacing with LPT/ Serial Port and Game Port

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar